Sekolah
: SMP
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas/Semester
: VIII / Genap
Materi
Pokok : Kronologi, perubahan
dan kesinambungan ruang dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat
kebangsaan
1. Kompetensi Inti (KI)
·
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya serta Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4:
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret
dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang teori
2.
Kompentensi
Dasar (KD)
3.4 Menganalisis kronologi, perubahan dan
kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya)
dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.
4.4 Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan
dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial,
budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.
TUGAS 1
Sub Tema 1 : Kedatangan
Bangsa Barat dan Kondisi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
Jumlah
soal : 10
Bentuk
Soal : Essay
Bentuk
penilaian : Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat !
1.
Jelaskan faktor faktor yg mendorong penjelajahan samudra!
2.
Sebutkan
tujuan kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia !
3.
Sebutkan
3 Bangsa Eropa yang pernah datang ke Indonesia pada masa penjajahan!
4.
Pada
akhir abad ke-18 keadaan keuangan VOC makin memburuk.Sebutkan penyebab
kemunduran tersebut !
5.
Sebutkan
ketentuan-ketentuan yang di berlakukan pada saat tanam paksa.!
6.
Masa pemerintahan Thomas Stamford Raffles berlangsung lima tahun
dari tahun 1811-1816. Bagaimanakah kebijakan-kebijakan yang dilakukan Raffles
di Indonesia dalam bidang pemerintahan
7.
Sebutkan tokoh tokoh penjelajah samudra dari spanyol dan
portugis !
8.
Berikan contoh bentuk perlawanan rakyat dalam menentang
kolonialisme Barat !
9.
Bagaimana pelaksanaan politik liberal di Indonesia !
10. Usaha bidang
ekonomi apa saja yang di lakukan Dandels dalam rangka mempersiapkan keuangan
untuk biaya pertahanan menghadapi
Inggris ?
TUGAS
1I
Sub Tema II :
Pengaruh Perluasan kekuasaan kolonial
,perkembangan pendidikan barat ,dan perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya Nasionalisme Indonesia
Jumlah
soal
: 10
Bentuk
Soal
: Essay
Bentuk
penilaian : Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat !
1.
Sebutkan Trilogi Van Deventer !
2.
Pergerakan Nasional lahir dan berkembang
karena beberapa factor yaitu ….
3.
Berikan contoh organisasi Pergerakan Nasional yang bersifat kedaerahan
dan keagamaan !
4.
Sebutkan isi Sumpah Pemuda !
5.
Sebutkan ciri-ciri Pergerakan
Nasonal yang bersifat radikal!
6.
Apa kepanjangan dari GAPI,PBI,dan
Gerindo ?
7.
Bagaimana peranan golongan terpelajar
dalam Pergerakan Nasional ?
8.
Bagaimana sifat-sifat perlawananan rakyat Indonesia melawan
Kolonialisme pada abad ke -19!
9.
Jelaskan pelaksanaan Politik Etis yang
di lakukan oleh pemerintah Belanda !
10. Bagaimana
peranan Pers dalam pergerakan nasional ?
TUGAS
1II
Sub Tema I
&II
Jumlah
soal
: 25
Bentuk
Soal
: Pilihan Ganda & Essay
Bentuk
penilaian : Tertulis
SOAL PILIHAN GANDA
Berilah tanda silang (x) pada pilihan jawaban yang kamu anggap benar!
1.
Yang bukan factor pendorong bangsa Eropa
melakukan penjelajahan samudra adalah….
A.
adanya VOC di indonesia
B.
motivasi gold,glory dan gospel
C.
berkembangnya ilmu pengetahuan dan
teknologi
D.
putusnya hubungan dagang antara Eropa
dengan Asia Barat
2.
penyebab kemunduran VOC adalah….
A.
melarang adanya perbudakan
B.
membagi pulau jawa menjadi 9 karesidenan
C.
membuat jalan dari Anyer sampai
Panarukan
D.
krisis keuangan karena pegawai VOC
banyak yang korupsi
3.
setelah VOC di bubarkan ,pemerintah
Belanda mengangkat gubernur
jenderal yang di tugaskan menjaga pulau
Jawa adalah….
A.
Raffles
B.
J.P Coen
C.
HW.Daendels
D.
Van Der Capellen
4.
Selama Daendels berkuasa di
Indonesia banyak orang yang meninggal
dunia ,sebab sering di jalankan….
A.
kerja bakti
B.
kerja dinas
C.
kerja romusha
D.
kerja rodi/kerja paksa
5.
Pajak yang harus di bayar oleh rakyat
kepada Belanda berupa hasil bumi masa Dandels di sebut ….
A.
Landrete
B.
Cultuur stelsel
C.
Verplichte leverantie
D.
Contingenten stelsel
6.
Yang di maksud Landrete atau system
pajak tanah pada masa Raffles adalah pajak yang berupa….
A.
hasil bumi
B.
sewa tanah
C.
pemilikan tanah
D.
pemilikan hewan
7.
Pencetus dan pelaksanaan system tanam
paksa di Indonesia adalah ….
A.
Raffles
B.
Van De Bosh
C.
Van De Capellen
D.
J.William Jensens
8.
Berikut yang bukan ketentuan pelaksanaan tanam paksa di Indonesia oleh
pemerintah kolonial Belanda untuk….
A.
melindungi kaum bangsawan dari penarikan
pajak
B.
memenuhi kebutuhan tenaga kerja
perkebunan dari luar jawa
C.
melindungi kaum modal asing agar buruh tidak melarikan diri
D.
melindungi kaum buruh agar memperoleh
pendapatan yang layak
9.
Pada tahun 1870 tanam paksa di hapus
,kemudian lahirlah di Indonesia ….
A.
paham individualism
B.
system pajak tanah (landrete)
C.
perjuangan pergerakan nasional
D.
kapatalisme yang berjiwa liberalisme
10. Akibat
pelaksanaan politik liberal pada abad ke -19 bagi Indonesia adalah….
A.
taraf hidup meningkat
B.
lahan pertanian semakin luas
C.
masyarakat indonesia mengenal sistem
perekonomian
D.
di dirikannya sekolah-sekolah dengan
system pendidikan barat
11. Nama-nama
berikut ini yang bukan merupakan tokoh perang Diponegoro adalah ….
A.
Bupati Kertosono,bupati Madiun dan
bupati Banyumas
B.
Pangeran Mangkubumi,pangeran
Mangkunagoro,bupati Kulonprogo
C.
Kyai Mojo,Sentot Ali
BasyaPrawirodirjo,pangeranMangkubumi,Surya Alam
D.
Pangeran Mangkubumi ,Surya Alam,Pangeran
Serang,Kyai Hasan Basyari
12. Perlawanan
rakyat terhadap Belanda yang di kenal
dengan perang Banjar terjadi pada tahun ….
A.
1866-1869
B.
1858-1866
C.
1821-1837
D.
1817-1821
13. Perang
Bali yang terjadi pada tahun 1846 -1849 juga di kenal dengan nama perang ….
A.
Puputan
B.
Jagaraga
C.
Nagasara
D.
Pudyastita
14. Tujuan
yang sebenarnya Belanda membuka sekolah kolonial adalah untuk ….
A.
membalas budi rakyat Indonesia
B.
mencetak tenaga pendidikan yang murah
dan terampil
C.
memberi kesempatan kepada rakyat pribumi
untuk mengenyam pendidikan
D.
meningkatkan derajat rakyat pribumi
sehingga Pax Netherlandica terwujud
15. Trilogi
Van Deventer meliputi tiga sector yaitu ….
A.
Migrasi,irigasi,edukasi
B.
Emigrasi,irigasi dan edukasi
C.
Imigrasi ,irigasi dan asosiasi
D.
Transmigrasi ,irigasi dan edukasi
16. Sekolah
yang di dirikan oleh para tokoh nasionalis sering juga di sebut dengan sekolah
kebangsaan sebab ….
A.
terbuka untuk kaum pribumi dan Indo
Eropa
B.
tidak menggunakan bahasa Belanda sebagai
bahasa pengantar
C.
bertujuan untuk menanamkan rasa
nasionalisme di kalangan masyarakat
D.
kurikulumnya merupakan perpaduan antara
kurikulum lokal dan penjajah
17. Dalam
melaksanakan kegiatannya Muhammadiyah mendapat kelonggaran dari pemerintah
kolonial Belanda sebab ….
A.
kegiatan Muhammadiyah tidak bersifat
politik
B.
keberadaannya banyak menguntungkan
Belanda
C.
Muhammadiyah meningkatkan kesejahteraan
rakyat
D.
Belanda bersikap acuh terhadap gerakan
islam yang fundamentalis
18. Pengaruh
Sumpah Pemuda bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah ….
A.
mempercepat proses kemerdekaan
B.
membangkitkan kesadaran nasional
C.
memperkuat tekad pada pemuda untuk
bersatu
D.
Belanda
mulai bersikap lunak kepada para tokoh nasionalis
19. Tujuan
yang ingin di capai perserikatan perempuan Indonesia antara lain ….
A.
Mengirimkan wakil perempuan dalam
volksraad
B.
Memajukan kepanduan bagi anak-anak
perempuan
C.
Menyamakan kedudukan wanita sejajar
dengan pria
D.
Memperjuangkan kebebasan kaum wanita
dari penindasan kolonial
20. Alasan
Sarekat Islam mengadakan disiplin partai pada tahun 1921 adalah ….
A.
adanya infiltrasi komunis sosialis dari
ISDV
B.
anggotanya banyak berpihak kepada
Belanda
C.
keanggotaannya tidak berasal dari kaum
pedagang saja
D.
adanya pertentangan antara golongan
islam dan sekuler
ESSAY
Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat dan benar!
Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat dan benar!
1.
Sebutkan 3 jenis komoditas impor
Indonesia !
2.
Jelaskan pengertian perdagangan transito
!
3.
Berikan 3contoh bentuk perlawanan rakyat
dalam menentang Belanda di berbagai
daerah !
4.
Sebutkan 2 faktor internal pergerakan
nasional Indonesia !
5.
Jelaskan menurut pendapatmu upaya yang harus di lakukan oleh pelajar dalam mempertahankan kemerdekaan !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar