PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
Satuan Pendidikan : SMP .......
Kelas / Semester : VIII
/ Ganjil dan Genap
Tahun Pelajaran : 2020
/ 2021
Komptensi Inti :
·
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya serta Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
SMT |
KOMPETENSI
DASAR |
Alokasi Waktu |
1 |
3.1 Menelaah perubahan
keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang
diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan
lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi,
sosial, budaya, dan politik. 4.1 Menyajikan hasil telaah
tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-
negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi,
ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan
kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik. |
16 JP |
1 |
3.2 Menganalisis pengaruh
interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan
budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan. 4.2 Menyajikan hasil analisis
tentang pengaruh interaksi sosial
dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta
pengembangan kehidupan kebangsaan. |
22P |
2 |
3.3 Menganalisis keunggulan dan
keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran serta teknologi, dan
pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, dan
budaya di Indonesia dan negara-negara ASEAN. 4.3 Menyajikan hasil analisis
tentang keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran
serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan
ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN |
18 JP |
3 |
3.4 Menganalisis kronologi,
perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan,
sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan. 4.4 Menyajikan hasil analisis
kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi,
pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat
kebangsaan. |
18 JP |
............................
Mengetahui,
Kepala
SMP Guru
Mata Pelajaran IPS
............................... .........................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar