RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah :
MA .........
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Semester :
X / 2
Alokasi Waktu
: 2 x 45 menit
Standar
Kompetensi : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi
Dasar : 3.1. Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan lithosfer
dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di bumi.
Indikator :
•
Menyebutkan
struktur lapisan kulit bumi.
•
Membedakan
jenis-jenis batuan pembentuk lapisan kulit bumi.
•
Menyebutkan
bentuk-bentuk gunung api.
•
Menghitung
hiposentrum gempa bumi
A.
Tujuan Pembelajaran
•
Siswa
dapat menyebutkan struktur lapisan kulit bumi.
•
Siswa
dapat membedakan jenis-jenis batuan pembentuk lapisan kulit bumi.
•
Menyebutkan
bentuk-bentuk gunung api
•
Siswa
dapat menghitung hiposentrum gempa
B.
Materi Pembelajaran
•
Struktur
lapisan kulit bumi.
•
Jenis-jenis
batuan pembentuk lapisan kulit bumi.
•
Bentuk-bentuk
gunung api.
·
Seisme
/gempa bumi
C.
Metode Pembelajaran
•
Metode : Penugasan dan diskusi.
•
Model : Pembelajaran terbimbing
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
•
Memulai
pembelajaran dengan salam dan do’a (religious)
• Siswa memberikan
informasi tentang kehadiran siswa
(disiplin)
•
Siswa
menyimak informasi tentang Kompetensi Dasar, tujuan pembelajaran dan cara penilaian (rasa ingin tahu)
b. Kegiatan inti
Eksplorasi
· Melalui
pengamatan gambar siswa menyebutkan struktur lapisan kulit bumi (rasa ingin
tahu, tanggungjawab)
· Guru menjelaskan lapisan bumi dengan singkat.
Elaborasi
· Siswa membaca referensi tipe-tipe gunung api dan gempa bumi (mandiri dan ingin tahu )
· Guru memberikan soal-soal latihan yang berkaitan dengan
materi gunung api dan menghitung hiposentrum gempa bumi
(tanggungjawab, menghargai orang lain)
Konfirmasi
· Guru membahas
hasil pekerjaan siswa secara bersama-sama (kritis, menghargai perestasi)
· Siswa dan guru
menyimpulkan hasil latihan soal (kreatif)
c. Kegiatan akhir
· Siswa membuat
rangkuman dari materi yang baru saja dipelajari (kreatif)
· Siswa menerima
tugas untuk membuat kliping tipe-tipe gunung api (tanggungjawab,kerja
keras, mandiri)
· Menutup
pembelajaran dengan do’a dan salam (religious)
E.
Sumber Belajar dan media pembelajaran
Sumber
Belajar :
1.
K.Wardiyatmoko dan
Prof. H. R. Bintarto, Geografi SMA, Erlangga.
2.
Yusman Hestiyanto.
Bianglala Geografi, Yudhistira
3.
Ahmad Yani dan
Mamad Ruhimad, Geografi. Menyingkap Fenomena Geosfer, Grafindo
4.
Yulmadia Yulir.
Geografi 1. Bumi Aksara.
5.
Lingkungan sekitar
Alat:
-
Globe
-
Peta
Tematik
-
CD, Komputer
F.
Penilaian
1.
Tehnik
: test tertulis
2.
Bentuk
: Esaay
soal
:
1.
Sebutkan
struktur lapisan kulit bumi.
2.
Sebutkan bentuk-bentuk
gunung api.
3.
Sebutkan
tipe-tipe erupsi gunung api.
4.
Sebutkan
pengertian gerak epirogenetik dan orogenetik.
Kunci Jawaban :
1.
Struktur lapisan
kulit bumi yaitu barisfer, Lapisan Pengantara, Litosfer,
2.
Bentuk-bentuk
gunung api yaitu Gunung api maar, gunung api perisai dan gunung api
strato.
3.
Tipe-tipe
erupsi gunung api yaitu :
-
Tipe
hawai
-
Tipe
stromboli
-
Tipe
perret
-
Tipe
Vulkano lemah/
-
Tipe
Vulkano kuat
-
Tipe merapi
-
Tipe St Vincent
4.
Gerak
epirogenetik dan orogenetik
1)
Gerak
epirogenetik adalah gerak atau pergeseran kulit bumi yang relatif lambat,
berlangsung dalam waktu yang lama dan meliputi daerah yang luas.
2)
Gerak
orogenetik adalah gerakan yang relatif lebih cepat daripada gerak epirogenetik,
gerak ini disebut gerakan pembentuk pegunungan. Peristiwa ini menimbulkan
lipatan dan patahan.
SKOR PENILAIAN =
G.
Bentuk Instrumen : Lembar pengamatan
No
|
Nama
Siswa
|
Penilaian kelas
|
Jumlah
skor
|
||||
keaktifan
|
kemandirian
|
kompetensi
|
kelancaran
|
ketepatan
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
Ketentuan:
A: 4 ( sangat baik)
B: 3 (baik)
C: 2 (cukup)
D:1(kurang)
Mengetahui
:
Kepala
Madrasah,
...............
|
|
Semarang, 09 Januari 2017
Guru
Mapel Geografi
..............................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MA .........
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas / Semester
: X / 2
Alokasi Waktu :
1
x 45 menit
Standar
Kompetensi : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi
Dasar : 3.1. Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan
pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di bumi.
Indikator :
•
Menyebutkan
pengaruh tenaga eksogen (pelapukan, pengikisan, pengendapan dan
perombakan/denudasi) terhadap bentuk muka bumi.
•
Membedakan
hasil pelapukan.
•
Menyebutkan
jenis-jenis pengendapan berdasarkan tenaga pengangkutnya .
A.
Tujuan Pembelajaran
•
Siswa
dapat menyebutkan pengaruh tenaga eksogen (pelapukan, pengikisan, pengendapan
dan perombakan/denudasi) terhadap bentuk muka bumi.
•
Siswa
dapat membedakan hasil pelapukan.
•
Siswa
dapat menyebutkan jenis-jenis pengendapan berdasarkan tenaga pengangkutnya.
B. Materi Pembelajaran
•
Tenaga
eksogen.
•
Hasil
pelapukan.
•
Jenis-jenis
pengendapan.
C. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan
adalah diskus, Tanya jawab.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
•
Memulai
pembelajaran dengan salam dan do’a (religious)
• Siswa memberikan
informasi tentang kehadiran siswa
(disiplin)
•
Siswa
menyimak informasi tentang Kompetensi Dasar, tujuan pembelajaran dan cara penilaian (rasa ingin tahu)
b. Kegiatan inti
Eksplorasi
•
Siswa
membaca literatur tentang pengaruh
tenaga eksogen. terhadap bentuk muka bumi. (rasa ingin tahu)
· Tanya jawab
mengenai pelapukan, pengikisan,
pengendapan dan perombakan /denudasi (kritis, tanggungjawab)
· Siswa membentuk
kelompok terdiri dari 4 orang (kerjasama)
Elaborasi
· Siswa berdiskusi
dengan kelompoknya tentang pengaruh tenaga eksogen. terhadap bentuk muka bumi. (demokratis)
· Tiap kelompok diberi kesempatan untuk
mempresentasikan hasil diskusinya
(tanggungjawab, menghargai orang lain)
Konfirmasi
· Siswa memberikan
komentar/tanggapan materi yang di presentasikan (kritis, menghargai perestasi)
· Siswa dan guru
menyimpulkan hasil diskusi (kreatif)
c. Kegiatan akhir
· Siswa memberikan
feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang baru saja dijalani
(kreatif)
· Siswa menerima
post test, dan tugas untuk dikerjakan di
rumah(tanggungjawab,kerja keras, mandiri)
· Menutup
pembelajaran dengan do’a dan salam (religious)
E.
Sumber Belajar dan media pembelajaran
•
Sumber
Belajar :
1.
K.Wardiyatmoko dan
Prof. H. R. Bintarto, Geografi SMA, Erlangga.
2.
Yusman Hestiyanto.
Bianglala Geografi, Yudhistira
3.
Yulmadia Yulir.
Geografi 1. Bumi Aksara.
4.
Lingkungan sekitar
Media:
-
Peta
Tematik
-
LCD, Komputer
-
Gambar-gambar
permukaan bumi akibat dari pelapukan, pengikisan, dan pengendapan.
F. Penilaian
Teknik : test
tulis
Bentuk : Essay
Soal :
1.
Sebutkan
3 pengaruh tenaga eksogen terhadap bentuk permukaan bumi.
2.
Jelaskan
perbedaan pelapukan mekanik dan pelapukan kimiawi.
3.
Sebutkan
jenis-jenis pelapukan berdasarkan pelaku utama yang berbeda.
4.
Sebutkan
jenis-jenis pengendapan berdasarkan tenaga yang mengangkut.
Kunci jawaban :
1.
3
pengaruh tenaga eksogen terhadap bentuk permukaan bumi yaitu pelapukan, edimentasi dan erosi
2.
Pelapukan mekanik terjadi perubahan fisik sedangkan pelapukan kimiawi merubah unsur-unsur kimia
3.
Jenis-jenis
pelapukan
4.
Jenis-jenis
pengendapan berdasarkan tenaga yang mengangkutnya:
a.
Sedimen
akuatis, diendapkan oleh air
b.
Sedimen
aeolis, diendapkan oleh udara
c.
Sedimen
marine, diendapkan oleh air laut
d.
Sedimen
fluvial, diendapkan oleh air sungai
SKOR PENILAIAN =
G.
Bentuk Instrumen : Lembar pengamatan
No
|
Nama
Siswa
|
Penilaian kelas
|
Jumlah
skor
|
||||
keaktifan
|
kemandirian
|
kompetensi
|
kelancaran
|
ketepatan
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
Ketentuan:
A: 4 ( sangat baik)
B: 3 (baik)
C: 2 (cukup)
D: 1 (kurang)
Mengetahui
:
Kepala
Madrasah,
....................................
|
|
Semarang ,23 Januari 2017
Guru
Mapel Geografi
..........................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MA ...................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Semester
: X / 2
Alokasi
Waktu :
1
x 45 menit
Standar
Kompetensi : 3. Menganalisis unsur-unsur
geosfer.
Kompetensi
Dasar : 3.1. Menganalisis dinamika
dan kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap
kehidupan di muka bumi.
Indikator :
•
Menjelaskan
proses pembentukan tanah.
•
Menyebutkan
faktor-faktor penyebab pembentukan tanah.
•
Menunjukkan
jenis-jenis persebaran tanah pada peta Indonesia.
A.
Tujuan Pembelajaran
•
Siswa
dapat menjelaskan proses pembentukan tanah.
•
Siswa
dapat menyebutkan faktor-faktor penyebab pembentukan tanah.
•
Siswa
dapat menunjukkan jenis-jenis persebaran tanah pada peta Indonesia.
B.
Materi Pembelajaran
1.
Proses pembentukan tanah
2. Faktor penyebab pembentukan tanah.
3. Jenis dan persebaran tanah di Indonesia.
C.
Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adala diskusi dan
penugasan.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
a.
Kegiatan Awal
•
Memulai
pembelajaran dengan salam dan do’a (religious)
• Siswa memberikan
informasi tentang kehadiran siswa
(disiplin)
•
Siswa
menyimak informasi tentang Kompetensi Dasar, tujuan pembelajaran dan cara penilaian (rasa ingin tahu)
b.
Kegiatan inti
Eksplorasi
· Guru
menjelaskan secara singkat tentang tanah dan faktor pembentukan tanah
· Siswa membaca
referensi tentang jenis-jenis tanah dan profil tanah di Indonesia
(rasa ingin tahu, tanggungjawab)
· Siswa membentuk
kelompok terdiri dari 4 orang (kerjasama)
Elaborasi
· Siswa berdiskusi
dengan kelompoknya mengerjakan soal-soal tentang jenis tanah dan profil tanah. (demokratis)
· Tiap kelompok diberi kesempatan untuk
mempresentasikan hasil diskusinya
(tanggungjawab, menghargai orang lain)
Konfirmasi
· Siswa memberikan
komentar/tanggapan materi yang di presentasikan (kritis, menghargai peresentasi)
· Siswa dan guru
menyimpulkan hasil diskusi (kreatif)
c.
Kegiatan akhir
· Siswa mengumpulkan tugas yang telah di pelajari (kreatif)
· Siswa menerima
tugas menggambar penampang tanah(tanggungjawab,kerja keras,
mandiri)
· Menutup
pembelajaran dengan do’a dan salam (religious)
E.
Sumber Belajar dan media pembelajaran
Sumber Belajar :
1.
K.Wardiyatmoko dan
Prof. H. R. Bintarto, Geografi SMA, Erlangga.
2.
Yusman Hestiyanto.
Bianglala Geografi, Yudhistira
3.
Lingkungan sekitar
Alat:
-
Peta
Tematik
-
LCD, Komputer
F.
Penilaian
a. Tehnik : test tertulis, penugasan
b. Bentuk : Essay,
pengamatan
Contoh
soal :
1.
Jelaskan
proses terbentuknya tanah.
2.
Sebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi
pembentukan tanah.
3.
Sebutkan
contoh jenis tanah dan persebaran
tanah Indonesia.
4.
Sebutkan
sebab terjadinya erosi tanah dan kerusakan tanah.
Kunci Jawaban :
1.
Proses
terbentuknya tanah yaitu berasal dari hasil
pelapukan dan pengendapan batu-batuan (bahan anorganik) yang dalam prosesnya
telah bercampur dengan bahan-bahan organik
2.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi proses terjadinya
T =f(I,o,b,t,w)
Bahan induk : bahan
yang akan terbentuk menjadi tanah
Bahan induk ada 2 :
Bahan batuan
Bahan-bahan organik
Iklim : Curah hujan dan suhu udara
Organisme
Relief : Bentuk muka bumi
Waktu : Semakin lama semakin tebal
3.
Contoh Jenis tanah danpersebaran tanah Indonesia.
a.
Tanah Regosol /
Tanah Abuvulkanis
Tanah ini merupakan endapan abu vulkanis baru yang memiliki butiran kasar
dan bersifat subur. Terdapat di Sumatra, Jawa dan Sulawesi
b.
Tanah Organosol
Berasal dari bahan
induk organik dari hutan rawa, mempunyai ciri warna coklat hingga kehitaman,
terstruktur debu, lempung, tidak terstruktur, konsistensi tidak lekat sampai
dengan agak lekat. Kandungan unsur hara rendah. Bersifat sangat asam terdapat
di Sumatera, Kalimantan, Papua.
c.
Tanah Latosol
Tanah ini terbentuk
dari batuan gunung api kemudian mengalami proses pelapukan.
4, Faktor yang
mempengaruhi erosi :
-
Vegetasi
-
Manusia
-
Relief
-
Iklim
SKOR PENILAIAN =
Mengetahui
:
Kepala
Madrasah,
....................................
|
|
Semarang, 30 Januari 2017
Guru
Mapel Geografi
.................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MA ..........................
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas / Semester
: X / 2
Alokasi Waktu :3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi
Dasar : 3.2. Menganalisis atmosfer dan
dampaknya terhadap kehidupan di muka
bumi
Indikator :
·
Menyebutkan
lapisan-lapisan atmosfer
·
Mengidentifikasi
unsur-unsur cuaca dan iklim (penyinaran,
suhu, angin, awankelembaban, curahhujan)
·
Menentukan jenis iklim
Indonesia berdasarkan iklim Koppen dan Schmidt – Ferguson,/ iklim matahari
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Menyebutkan lapisan-lapisan atmosfer
2.
Mengidentifikasi
unsur-unsur cuaca dan iklim (penyinaran,
suhu, angin, awan kelembaban, curahhujan)
3.
Menentukan
jenis iklim Indonesia berdasarkan iklim Koppen dan Schmidt – Ferguson,/ iklim matahari
4.
menjelaskan faktor-faktor terjadinya pemanasan global (El Nino dan La Nino)
v Karakter : Mengembangkan perilaku peserta didik yang mencerminkan kerjakeras, rasa ingintahu, peduli lingkungan , gemar membaca, relegius, , kreatif
B.
Materi Pembelajaran :
·
Ciri-ciri
lapisan atmosfer dan pemanfaatannya
·
Dinamika
unsur-unsur cuaca dan iklim
·
Klasifikasi
berbagai tipe iklim
·
menjelaskan faktor-faktor terjadinya pemanasan global (El Nino dan La Nino)
C.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan :
CTL, PendekatanKonsep
2.
Metode : Ceramah, diskusidan Tanya jawabberbasis Multimedia,
3.
Model
: Reading guide
D.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan I
a.
Kegiatan Awal
·
Guru
memberikan salam dan berdoa sebelum belajar( religious)
·
Guru
mengabsen kehadiran siswa (disiplin)
b.
Kegiatan inti
Eksplorasi
· Guru menyuruh peserta
didik untuk mengamati lapisan atmosfer yang terpampang
di layar (kerjakeras, rasa ingintahu,
Mandiri)
Elaborasi
· Tanya jawab
tentang lapisan atmosfer (peduli lingkungan, rasa ingintahu)
· Siswa meringkas materi yang di sampaikan guru ( gemar membaca, kerja keras ,mandiri)
Konfirmasi
· Guru memberikan
klarifikasi tentang manfaat lapisan atmosfer.(rasa ingintahu.religius)
· Siswa
mengerjakan soal latihan tentang atmosfer.
c. Kegiatan
Akhir
· Siswa mendapat tugas rumah meresum unsur –unsur cuaca dan iklim ( mandiri, kerjakeras )
· Siswa menyimpulkan materi atmosfer dan manfaatnya (ingintahu, mandiri.kerjakeras)
Pertemuan II
d.
Kegiatan Awal
•
Memulai
pembelajaran dengan salam dan do’a (religious)
• Siswa memberikan
informasi tentang kehadiran siswa
(disiplin)
•
Siswa
menyimak informasi tentang Kompetensi Dasar, tujuan pembelajaran dan cara penilaian (rasa ingin tahu)
e.
Kegiatan inti
Eksplorasi
· Guru mereview
lapisan atmosfer
· Siswa membaca
referensi tentang unsur-unsur cuaca dan iklim (rasa ingin
tahu, tanggungjawab)
· Siswa membentuk
kelompok terdiri dari 4 orang (kerjasama)
Elaborasi
· Secara
berkelompok menentukan iklim Indonesia berdasarkan tipe iklim matahari, Koppen
dan Schmid Fergusson, (komunikatif,dan kreatif)
Konfirmasi
·
Guru
menyampaikan materi secara singkat
materi tipe-tipe iklim.(rasa ingin tahu.)
· Siswa dan guru
menyimpulkan hasil diskusi (kreatif)
f.
Kegiatan akhir
· Siswa mengumpulkan tugas yang telah di pelajari (kreatif)
· Menutup
pembelajaran dengan do’a dan salam (religious)
Pertemuan III
g.
Kegiatan Awal
•
Memulai
pembelajaran dengan salam dan do’a (religious)
• Siswa memberikan
informasi tentang kehadiran siswa
(disiplin)
•
Siswa
menyimak informasi tentang Kompetensi Dasar, tujuan pembelajaran dan cara penilaian (rasa ingin tahu)
h.
Kegiatan inti
Eksplorasi
·
Menugaskan kepada peserta didik secara
individu untuk mencari faktor terjadinya perubahan iklim global dari berbagai
referensi (gemarmembaca,
kerjakeras ,mandiri)
· Peserta didik
mengemukakan kesimpulant entang faktor terjadinya El Nino dan La Ninasebagai faktor
yang menyebabkan perubahan iklim secara
global ( gemarmembaca, kerja keras ,mandiri)
· Siswa membentuk
kelompok terdiri dari 4 orang (kerjasama)
Elaborasi
·
Beberapa
peserta didik diminta kedepan untuk
menjelaskan (kerjakeras,mandiri)
·
Pesertadidik
yang lain memberikan respon atau tanggapan baik berupa pertanyaan atau
penambahan ( menghargai keragaman )
·
Pesertadidik
yang mempresentasikan memberikan respon jawaban atas tanggapan dari kelompok
lain ( menghargai keragaman )
Konfirmasi
·
Guru
menyampaikan materi secara singkat tentang
lanina dan elnino .(rasaingintahu.)
· Siswa dan guru
menyimpulkan hasil diskusi (kreatif)
i.
Kegiatan akhir
· Siswa mengumpulkan tugas yang telah di pelajari (kreatif)
· Menutup
pembelajaran dengan do’a dan salam (religious)
E. SUMBER BELAJAR :
Sumber:
-
K.Wardiyatmoko dan
Prof. H.R. Bintarto, Geografi SMA, Jakarta, Erlangga.
-
Yusman Hestiyanto,
Bianglala Geografi, Bogor, Yudhistira
-
Danang endarto
Geografikelas X, BSE depdiknas
Media yang digunakan :
-
Media Presentasi
Powerpoint
-
LCD
- Komputer internet
F. PENILAIAN
·
Jenis Tagihan : Test Lisan, Test tulisan ( Ulanganharian),
Penugasan
·
Bentuk
Tagihan : Pilihan ganda, esai, porto folio, performance
·
Contoh
Soal :
Instrumen Penilaian
Kognitif
SOAL
PILIHAN GANDA:
1.
Unsur yang paling banyak di dalam
atmosfer adalah :
a.
Nitrogen d. Ozon
b.
Oksigen e.
Hidrogen
c.
Argon
2.
Pembeda antara cuaca dan iklim adalah dalam
hal
a.
Temperature d. atmosfer
b.
waktu
dan tempat e. eksosfer
c.
tekanan
3.
Banyaknya
uap air dalam gram yang tertampung pada satu meter kubik udara di sebut:
a.
kelembapan
absolut
b.
kelembapan
tinggi
c.
kelembapan
spesifik
d.
kelembapan
harian
e.
kelembapan
nisbi
4.
Diketahui dalam 1 m3 udara dengan suhu 250C terdapat 15 gram uap air, sedangkan dalam 1 m3
udara maksimum mengandung 18 gram uap air. Hitung kelembaban absolutnya dan
kelembaban relatifnya!
a.
3,33 % d.
88,90 %
b.
80,50 % e. 86,70 %
c.
84,66 %
5.
Hujan
frontal biasanya terjadi didaerah
a.
lintang
sedang d. semua lintang
b.
lintang tropis e. pegunungan
c.
kutub
6.
Hujan
yang terjadi di daerah pegunungan disebut hujan
a.
Frontal d. zenithal
b.
Musim e. orografis
c.
Tropis
7.
Taifun
di Asia Timur termasuk angin ...
a.
Siklon d. Tohu
b.
Antisiklon e. Passat
c.
Blizzard
8.
Alat
yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin disebut:
a.
Altimeter d.
fluviometer
b.
Regenmeter e. hygrometer
c.
anemometer
9.
Ahli
yang mengklasifikasikan iklim atas dasar perbandingan antara jumlah rata-rata
bulan kering dengan rata-rata bulan basah adalah ...
a.
Oldemen
d.
Koppen
b.
Schmidt-Ferguson e. Fisis
c.
Junghuhn
10.
Pada
daerah sangat dingin dengan ketinggian 2.500 – 3.000 meter di atas permukaan
laut cocok untuk tumbuhan
a.
hutan
musim d.
coklat
b.
tundra e.
teh dan kopi
c.
hutan
tropis
11.
Awan
yang bentuknya berlapis tebal dan berwarna kelabu adalah dari.....
a.
Sirus d.
altostratus
b.
Sirostratus e.
sirokumulus
c.
altokumulus
12.
Iklim fisis di
pengaruhi oleh beberapa factor berikut kecuali
:
a.
pengaruh daratan
luas d.
pengaruh vegetasi
b.
pengaruh lautan
luas e.
pengaruh manusia
c.
pengaruh arus laut
13.
Daerah
Z mempunyai data curah hujan rata-rata bulanan 45 mm, sedangkan curah hujan
rata-rata setahun adalah 1.750 mm. Berdasarkan diagram Koppen, daerah Z
termasuk tipe iklim apa?
a.
Am d.
A
b.
Af e.
As
c.
Aw
14.
Di
Semarang mempunyaiketinggian 0m suhunya sebesar 300 C. Maka suhu
akan mencapai 00 C pada ketinggian ....km
a.
5
km d.
8 km
b.
6
km e.
9 km
c.
7
km
15.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar di atas menunjukkan jenishujan
a.
orografis d.
buatan
b.
frontal e.
Hujan siklon
c.
zenital
16.
istiwa-peristiwa
cuaca terjadi pada lapisan atmosfera terjadi pada ….
a.
Thermosfer d.
Ionosfer
b.
Troposfer e.
Mesosfer
c.
Stratosfer
17.
Instansi yang
mencatat dan menganalisa cuaca dan iklim di Indonesia adalah ...
a.
BPPT (Badan
Pengkajian dan Penerapan Teknologi)
b.
BPN
(Badan Pertanahan Nasional)
c.
BMKG (Badan
Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)
d.
LAPAN (Lembaga
Penerbangan dan Antariksa Nasional)
e.
LIPI (Lembaga Ilmu
Pengetahuan Indonesia)
18.
El Nino
merupakan gejala cuaca yang muncul secara periodik. Bagi Indonesia,
El Nino menyebabkan ...
a.
Hujan deras d.
Musin hujan dan banjir
b.
Musim
pancaroba e.
Musim labuh
c.
Kemarau
panjang dan kekeringan
19.
Jika
suatu daerah jumlah rata-rata bulan basah ada 5 bulan dan nilai Q adalah 80 %.
Menurut Schmidt dan Ferguson bulan
kering ada.....
a.
2
bulan d.
5 bulan
b.
3
bulan e.
6 bulan
c.
4
bulan
20.
Perbedaan
tekanan diantara dua wilayah akan menimbulkan terjadinya….
a.
hujan
b.
petir
c.
awan
d.
angin
e. oksigen
SOAL ESSAY
1.
Jelaskan manfaat Atmosfer bagi bumi kita!
2.
Jelaskan ciri-ciri lapisan Antroposfer!
3.
Jelaskan pembagian iklim matahari
4.
Jelaskan dan berikan dengan gambar terjadinya hujan orografis!
5.
Sebutkan factor- factor yang mempengaruhi
penyinaran
matahari
KUNCI
JAWABAN & PEDOMAN PENSKORAN
No Noal
|
Jawaban
|
Skor
|
No soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
2.
3
4
5
6
7
8
9
10
|
A
B
A
A
A
E
A
C
B
B
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
|
D
E
A
A
B
B
C
C
C
D
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
|
|
10
|
|
|
10
|
KUNCI JAWABAN ESSAY
1.
Manfaatatmosferbagibumikita!
a.
Menjaga kelangsungan siklus
udara.
b.
Melindungi bumi dari
radiasi matahari yang berbahaya bagi
kehidupan
c.
Menjaga suhu di bumi tetap
konstan, pengaturan iklim dan cuaca.
d.
Melindungi bumi dari jatuhnya
benda angkasa yang memasuki bumi.
e.
Bermanfaat untuk pantulan
gelombang radio.
f.
Sebagai media agar pesawat
terbang bisa mengudara.
g.
Menyebabkan suhu bumi tidak
terlalu tinggi pada siang hari dan terlalu rendah pd malam hari
2.
Ciri-cirilapisantroposfer!
a.
Ketebalan
rata-rata 0 – 12 km dpl
-
Ekuator 16 km
-
Sedang 11 km
-
Kutub 8 km
b.
Setiapnaik 100 m
temperaturturun 0,6oC
c.
Terjadinyaunsur-unsurcuaca
d.
Terdiridarizat
yang sangatbergunabagikehidupan
3.
Pembagianiklimmatahari
b.
Iklim
tropis, meliputi daerah yang terletak diantara garis 0° s.d 23 ½° LU/LS yang luasnya
mencapai 40 % dari seluruh permukaan bumi.
c.
Iklim subtropic,
meliputi daerah yang terletak diantara garis 23 ½° s.d 40 °LU/LS.
d.
Iklim sedang,
meliputi daerah yang terletak dintara garis 40 ° s.d 66 ½° LU/LS
e.
Iklim dingin,
meliputi daerah yang terletak diantara garis 66 ½° s.d 90 ° LU/LS
4. Hujan orografis
yaitu
Terjadikarena angina yang membawauap air
naikkepegunungan, setelahnaikmenjadi angina menjadisemakindingin,
terjadikondensasi, terbentukawandanturubhujan.
5.
Faktor-
faktor yang mempengaruhipenyinaranmatahari
a. Sudut datang matahari
b. Lamanya penyinaran matahari
c. Tebal tipisnya awan.
d. Ada tidaknya penghalang diatas permukaan bumi.
e. Kondisi permukaan bumi yang disinari
|
Mengetahui
:
Kepala
Madrasah,
..............................
|
|
Semarang, 6 Februari 2017
Guru
Mapel Geografi
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MA ..................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Semester
: X / 2
Alokasi
Waktu :
2 x 45 menit
Standar Kompetensi :
3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar : 3.3 Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap
kehidupan
di muka bumi
Indikator :
1. Menjelaskan unsur-unsur utama siklus hidrologi.
2. Menyebutkan berbagai jenis perairan darat.
3. Menyebutkan jenis air tanah berdasar letaknya.
4. Menjelaskan ciri-ciri sungai menurut profil memanjang.
5. Memberi contoh jenis-jenis pola aliran sungai.
A. Tujuan
Pembelajaran :
- Siswa dapat menjelaskan unsur-unsur utama siklus hidrologi.
- Siswa dapat menyebutkan berbagai jenis perairan darat.
- Siswa dapat menyebutkan jenis air tanah berdasar letaknya.
- Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri sungai menurut profil memanjang.
- Siswa dapat memberi contoh jenis-jenis pola aliran sungai.
B. Materi Pembelajaran
Hidrosfer: 1.
Siklus hidrplogi
2. Perairan darat
: - Air tanah
- Sungai
C. Metode/ Model Pembelajaran
Diskusi, penugasan,
observasi.
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
a.
Kegiatan Awal
•
Memulai
pembelajaran dengan salam dan do’a (religious)
• Siswa memberikan
informasi tentang kehadiran siswa
(disiplin)
•
Siswa
menyimak informasi tentang Kompetensi Dasar, tujuan pembelajaran dan cara penilaian (rasa ingin tahu)
b.
Kegiatan inti
Eksplorasi
· Siswa membaca materi tentang unsur-unsur
utama siklus hidrologi
(rasa ingin tahu)
· Tanya jawab
mengenai berbagai jenis perairan darat (kritis, tanggungjawab)
· Siswa membentuk
kelompok terdiri dari 4 orang (kerjasama)
Elaborasi
·
Siswa
berdiskusi dengan kelompoknya
tentang jenis air tanah berdasar letaknya (demokratis)
· Tiap kelompok diberi kesempatan untuk
mempresentasikan hasil diskusinya
(tanggungjawab, menghargai orang lain)
Konfirmasi
· Siswa memberikan
komentar/tanggapan materi yang di presentasikan (kritis, menghargai perestasi)
· Siswa dan guru
menyimpulkan hasil diskusi (kreatif)
c.
Kegiatan akhir
· Siswa membuat
rangkuman dari materi yang baru saja dipelajari (kreatif)
· Siswa tugas
untuk membuat gambar pola aliran sungaidikerjakan di rumah(tanggungjawab,kerja keras, mandiri)
· Menutup
pembelajaran dengan do’a dan salam (religious)
Pertemuan II
a.
Kegiatan Awal
•
Memulai
pembelajaran dengan salam dan do’a (religious)
• Siswa memberikan
informasi tentang kehadiran siswa
(disiplin)
•
Siswa
menyimak informasi tentang Kompetensi Dasar, tujuan pembelajaran dan cara penilaian (rasa ingin tahu)
b.
Kegiatan inti
Eksplorasi
·
Siswa
membaca materi tentang air tanah dan air sungai (rasa ingin tahu)
· Tanya jawab
mengenai contoh jenis-jenis pola aliran sungai (kritis, tanggungjawab)
· Siswa membentuk
kelompok terdiri dari 4 orang (kerjasama)
Elaborasi
·
Siswa
berdiskusi dengan kelompoknya
tentang jenis air tanah dan air sungai (demokratis)
· Tiap kelompok diberi kesempatan untuk
mempresentasikan hasil diskusinya
(tanggungjawab, menghargai orang lain)
Konfirmasi
· Siswa mengerjakan
soal latihan 9mandiri,tanggung jawab)
· Siswa dan guru
menyimpulkan hasil diskusi (kreatif)
c.
Kegiatan akhir
· Siswa mengumpulkan tugas
membuat
pola aliran sungai (kreatif)
· Menutup
pembelajaran dengan do’a dan salam (religious)
E. Media/Alat/Sumber Belajar
Sumber Belajar
1.
K.Wardiyatmoko dan
Prof. H. R. Bintarto, Geografi SMA, Erlangga.
2.
Yusman Hestiyanto.
Bianglala Geografi, Yudhistira
3.
Ahmad Yani dan Mamad Ruhimad, Geografi.
Menyingkap Fenomena Geosfer, Grafindo
4.
Yulmadia Yulir. Geografi 1. Bumi Aksara.
5.
Lingkungan sekitar
Alat/Media
pembelajaran :
a.
Gambar siklus
hidrologi
F. Penilaian
1.
Teknik : Tes tertulis
2.
Bentuk : Essay
Soal :
1.
Jelaskan
unsur-unsur utama siklus hidrologi.
2.
Sebutkan berbagai
jenis perairan darat.
3.
Sebutkan jenis air
tanah berdasar letaknya.
4.
Jelaskan ciri-ciri
sungai menurut profil memanjang.
5.
Sebutkan contoh jenis-jenis pola aliran sungai.
Kunci Jawaban :
1.
Siklus Hidrologi à peredaran air secara
urut dan terus menerus dimulai dari laut ke udara dan setelah jatuh di darat
kembali ke laut lagi.
|
||||
|
||||
|
||||
2.
Jenis perairan darat : Air
tanah, sungai, danau dan rawa
3.
Jenis air tanah
berdasar letaknya yaitu :
a.
Air tanah dangkal / freatik à di
atas lapisan impermeable
b.
air tanah dalam/ artesis/aquifer à diantara lapisan kedap air.
5.
Contoh jenis-jenis pola aliran sungai
1.
Dendritik à tidak teratur
2.
Trellis à Anak sungai yang sejajar seperti sirip daun.
3.
Radial à Melingkar à 1. Radial sentrifugal à menyebar
4.
2. Radial sentrifugal à memusat
5.
Rectangular à membentuk sudut siku-siku
6.
Anular à semua radial sentrifugal
karena tertumbuk muncul S. subsekuen, resekuen dan obeskuen di daerah dome
dalam proses pelapukan. Pengikisan sungai makin besar kemiringan aliran sungai
makin besar pula aktivitas (erosi) akibatnya akan terbentuk lembah sungai (suatu
bentuk permukaan yang lebih rendah dari pada gabungan lainnya).
|
3.
Bentuk instrument : pengamatan
Ketentuan:
A: 4 ( sangat baik)
B: 3 (baik)
C: 2 (cukup)
D: 1 (kurang)
|
|
|
Mengetahui
:
Kepala
Madrasah,
........................
|
|
Semarang, 13 Maret 2017
Guru
Mapel Geografi
..................................
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MA .
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas / Semester
: X / 2
Alokasi
Waktu :
3 x 45 menit
Standar Kompetensi :
3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar : 3.3 Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap
kehidupan
di muka bumi
Indikator :
1. Menjelaskan daerah aliran sungai (DAS).
2. Menyebutkan faktor penyebab kerusakan DAS.
3. Menerapkan upaya-upaya pelestarian DAS.
4. Menjelaskan proses terjadinya danau.
5. Menyebutkan manfaat rawa bagi kehidupan.
A. Tujuan
Pembelajaran :
- Siswa dapat menjelaskan daerah aliran sungai (DAS).
- Siswa dapat menyebutkan faktor penyebab kerusakan DAS.
- Siswa dapat menerapkan upaya-upaya pelestarian DAS.
- Siswa dapat menjelaskan proses terjadinya danau.
- Siswa dapat menyebutkan manfaat rawa bagi kehidupan.
B. Materi Pembelajaran
Hidrosfer: 1.
Siklus hidrplogi
2. Perairan
darat : - Sungai dan DAS
- Danau
- Rawa
C. Metode/ Model
Pembelajaran
Diskusi, penugasan,
observasi.
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
a.
Kegiatan Awal
•
Memulai
pembelajaran dengan salam dan do’a (religious)
• Siswa memberikan
informasi tentang kehadiran siswa
(disiplin)
•
Siswa
menyimak informasi tentang Kompetensi Dasar, tujuan pembelajaran dan cara penilaian (rasa ingin tahu)
b.
Kegiatan inti
Eksplorasi
· Siswa membaca materi tentang daerah
aliran sungai dan faktor penyebab kerusakan DAS (rasa ingin
tahu)
· Tanya jawab
mengenai berbagai jenis perairan darat (kritis, tanggungjawab)
· Siswa membentuk
kelompok terdiri dari 4 orang (kerjasama)
Elaborasi
·
Siswa
berdiskusi dengan kelompoknya Siswa
membaca materi tentang daerah
aliran sungai dan faktor penyebab kerusakan DAS (demokratis)
· Tiap kelompok diberi kesempatan untuk
mempresentasikan hasil diskusinya
(tanggungjawab, menghargai orang lain)
Konfirmasi
· Siswa memberikan
komentar/tanggapan materi yang di presentasikan (kritis, menghargai perestasi)
· Siswa dan guru
menyimpulkan hasil diskusi (kreatif)
c.
Kegiatan akhir
· Siswa membuat
rangkuman dari materi yang baru saja dipelajari (kreatif)
· Siswa menerima
post test, dan tugas untuk dikerjakan di
rumah(tanggungjawab,kerja keras, mandiri)
· Menutup
pembelajaran dengan do’a dan salam (religious)
Pertemuan II
a.
Kegiatan Awal
•
Memulai
pembelajaran dengan salam dan do’a (religious)
• Siswa memberikan
informasi tentang kehadiran siswa
(disiplin)
•
Siswa
menyimak informasi tentang Kompetensi Dasar, tujuan pembelajaran dan cara penilaian (rasa ingin tahu)
b.
Kegiatan inti
Eksplorasi
· Siswa membaca materi tentang upaya
pelestarian DAS (rasa ingin tahu)
· Tanya jawab
mengenai contoh jenis-jenis pola aliran sungai (kritis, tanggungjawab)
· Siswa membentuk
kelompok terdiri dari 4 orang (kerjasama)
Elaborasi
·
Siswa
berdiskusi dengan kelompoknya
tentang upaya pelestarian DAS (demokratis)
· Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusinya (tanggungjawab, menghargai orang lain)
Konfirmasi
· Siswa memberikan
komentar/tanggapan materi yang di presentasikan (kritis, menghargai perestasi)
· Siswa dan guru
menyimpulkan hasil diskusi (kreatif)
c.
Kegiatan akhir
· Siswa membuat
rangkuman dari materi yang baru saja dipelajari (kreatif)
· Siswa menerima
post test, dan tugas untuk dikerjakan di
rumah(tanggungjawab,kerja keras, mandiri)
· Menutup
pembelajaran dengan do’a dan salam (religious)
Pertemuan III
a.
Kegiatan Awal
•
Memulai
pembelajaran dengan salam dan do’a (religious)
• Siswa memberikan
informasi tentang kehadiran siswa
(disiplin)
•
Siswa
menyimak penjelasan singkat tentang danau,rawa dan morfologi laut (rasa ingin
tahu)
b.
Kegiatan inti
Eksplorasi
· Siswa membaca materi tentang danau dan
rawa,laut
(rasa ingin tahu)
· Tanya jawab
mengenai danau dan rawa,laut
(kritis, tanggungjawab)
· Siswa membentuk
kelompok terdiri dari 4 orang (kerjasama)
Elaborasi
·
Siswa
berdiskusi dengan kelompoknya tentang proses terjadinya
danau
dan rawa rawa manfaatnya bagi
kehidupan
demokratis)
· Tiap kelompok diberi kesempatan untuk
mempresentasikan hasil diskusinya
(tanggungjawab, menghargai orang lain)
Konfirmasi
· Siswa memberikan
komentar/tanggapan materi yang di presentasikan (kritis, menghargai perestasi)
· Siswa dan guru
menyimpulkan hasil diskusi (kreatif)
c.
Kegiatan akhir
· Siswa membuat
rangkuman dari materi yang baru saja dipelajari (kreatif)
· Siswa menerima
tugas menggambar morfologi laut untuk
dikerjakan di rumah(tanggungjawab,kerja
keras, mandiri)
· Menutup
pembelajaran dengan do’a dan salam (religious)
E. Media/Sumber Belajar
Media
1.
Gambar siklus
hidrologi
2.
Gambar aliran
listrik
Sumber Belajar
1.
K.Wardiyatmoko dan
Prof. H. R. Bintarto, Geografi SMA, Erlangga.
2.
Yusman Hestiyanto.
Bianglala Geografi, Yudhistira
3.
Ahmad Yani dan Mamad Ruhimad, Geografi.
Menyingkap Fenomena Geosfer, Grafindo
4.
Yulmadia Yulir. Geografi 1. Bumi Aksara.
5.
Lingkungan sekitar
F. Penilaian
1.
Teknik : Tes tertulis
2.
Bentuk : Essay
Soal :
- Menjelaskan daerah aliran sungai (DAS).
- Menyebutkan faktor penyebab kerusakan DAS.
- Menerapkan upaya-upaya pelestarian DAS.
- Menjelaskan proses terjadinya danau.
- Menyebutkan manfaat rawa bagi kehidupan
Kunci Jawaban
:
1. DAS
(Daerah Aliran Sungai) : suatu wilayah yang merupakan batas dari
sungai / bagian terluar dari sungai
2.
Faktor penyebab
kerusakan DAS yaitu kerusakan hutan, erosi dan sedimentasi
3. Upaya melestarikan DAS :
-
Mengadakan reboisasi.
-
Melarang penebangan liar.
-
Membatasi daerah sekitar untuk pemukiman penduduk
4. Pembagian
Danau :
a.
Danau Alami
Danau
tektonik à karena proses tektonik,
contoh : Danau Toba, Danau
Danau
vulkanik à karena proses aktivitas
vulkanik
Danau
Karst à terjadi di daerah kapur
karena air hujan terperangkap di terowongan.
Dana
Tapal Kuda à meander yang terputus
Danau
bendungan alami à karena adanya longsoran
dari tebing
b.
Danau Buatan (dikenal sebagai waduk )
5. Manfaat
Rawa :
-
Sawah pasang surut
-
Sumber pembangkit listrik
-
Perikanan
-
Pariwisata
Perolehan Nilai Peserta didik =
Ketentuan:
A: 4 ( sangat baik)
B: 3 (baik)
C: 2 (cukup)
D: 1 (kurang)
Mengetahui
:
Kepala
Madrasah,
................................
|
|
Semarang, 2 Mei 2017
Guru
Mapel Geografi
...............................
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar