S I L A B U S MA .....................
Nama Sekolah : MA..........................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Jurusan : X
/IPS
Semester : 2
(dua)
Alokasi Waktu : 15 x 45 menit
Standar Kompetensi :
3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
3.1.Menganalisis dinamika dan kecenderungan
perubahan lithosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka
bumi
|
·
Struktur
lapisankulitbumi
·
Jenis-jenis
batuanpembentuklapisankulitbumi
·
Bentuk-bentuk gunung api
·
seisme
·
Tenaga eksogen
·
Jenis-jenis pelapukam
·
Jenis-jenis pengendapan
·
Proses pembentukan tanah
·
Faktor penyebab pembentukan tanah
·
Jenis
dan persebaran tanah di Indonesia
|
· Menyebutkan struktur lapisan kulit bumi
· Membedakan jenis-jenis batuan pembentuk
lapisan kulit bumi
· Menyebutkan bentuk-bentuk gunung api
· Memenghitung hiposentrum gempa bumi
· Menyebutkan pengaruh tenaga eksogen
terhadap bentuk muka bumi
· Menyebutkan jenis-jenis pelapukan
· Menyebutkan jenis-jenis pengendapan
berdasarkan tenaga pengangkutnya
· Menjelaskan proses pembentukan tanah
· Menyebutkan faktor-faktor penyebab
pembentukan tanah
· Menunjukkan jenis-jenis persebaran tanah
pada peta indonesia
|
· Mengamati gambar struktur lapisan kulit
bumi
· Mengamati gambar jenis-jenis
batuan pembentuk lapisan kulit bumi
· Mengamati bentuk-bentuk gunung api
· Diskusi cara menghitung
hiposentrum gempa bumi
· Diskusi tentang pengaruh tenaga eksogen
terhadap bentuk muka bumi
· Mengamati gambar hasil pelapukan
· membaca jenis-jenis pengendapan
berdasarkan tenaga pengangkutnya
· membaca tentang proses pembentukan tanah
· diskusi tentang faktor-faktor penyebab
pembentukan tanah
· diskusi tentang jenis-jenis persebaran tanah pada peta
indonesia
evaluasi harian
|
Test tertulis bentuk uraian
Tugas terstruktur
Kuis
Test lisan
Ujuk karya
Laporan gambar
ceklist
|
2 x 45
1x45
1x45
1x45
|
Sumber:
1. K.Wardiyatmoko dan
Prof. H. R. Bintarto, Geografi SMA, Jakarta, Erlangga.
2.Yusman Hestiyanto.
Bianglala Geografi, Bogor, Yudhistira
3. Yulmadia Yulir.
Geografi 1. Jakarta. Bumi Aksara.
5. lingkungan sekitar
Alat dan bahan:
Globe
Peta tematik
|
3.2. Menganalisis atmosfer dan dampaknya
terhadap kehidupan di muka bumi
3.3.Menganalisis hidrosfer
dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
|
·
Lapisan A t m osf e r
· Ciri-ciri lapisan atmosfer dan
pemanfaatanya
· Unsur-unsur cuaca
· Dasar dasar pembagian iklim dari
berbagai pakar
· Pembagian iklim berdasarkan matahari
· Rumus mencari rasio Q
· Garis scmidt fergusson
· Faktor-faktor terjadinya pemanasan
global el nino dan la nina
· Unsur-unsur utama siklus hidrologi
· Jenis-jenis Perairan darat
· Air tanah berdasarkan letak
· Ciri-ciri sungai berdasarkan profil
memanjang
· Jenis-jenis pola aliran sungai
· DAS
· faktor penyebab kerusakan DAS
· Upaya pelestarian DAS
· Proses terjadinya danau karst
dipegunungan seribu
· Manfaat rawa bagi kehidupan
· Pesisir dan pantai
· Proses terjadinya dangkalan sunda dan
dangkalan sahul
· Klasifikasi laut menurut letak dan
kedalaman
· Bentuk-bentuk morfologi laut
· Faktor-faktor terjadinya gelombang
· Letak arus-arus didunia
· Pasang naik dan pasang surut
· Faktor-faktor penyebab perbedaan kadar
garam
· Faktor faktor penyebab perbedaan warna
air laut
|
· Menyebutkan lapisan-lapisan atmosfer
· menjelaskan ciri-ciri lapisan atmosfer dan pemanfaataannya
· menyebutkan unsur-unsur cuaca dan iklim
· Mengklasifikasikan berbagai tipe iklim
· Menyebutkan dasar-dasar pembagian iklim
dari berbagai pakar
· Menunjukkan pada peta dunia,
persebaran negara – negara dan jenis
iklimnya
· Menentukan jenis iklim berdasarkan tipe
iklim Schmidt – Ferguson
· menjelaskan faktor-faktor terjadinya
pemanasan global (El Nino
dan La Nino)
· Menjelaskan unsur – unsur utama siklus
hidrologi
· menyebutkan berbagai jenis perairan
darat
· menyebutkan jenis air tanah berdasar
letaknya
· menjelaskan ciri-ciri sungai menurut
profil memanjang.
· Memberi contoh jenis-jenis pola aliran
sungai.
· menjelaskan Daerah Aliran Sungai (DAS)
· menyebutkan faktor penyebab kerusakan Daerah Aliran Sungai
(DAS)
· menerapkan nilai berkaitan upaya-upaya
pelestarian Daerah Aliran Sungai
· menjelaskan proses terjadinya Danau karst
· menyebutkan manfaat rawa bagi kehidupan
· Menjelaskan perbedaan pantai dan pesisir
· Menjelaskan perbedaan proses terjadinya
dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul
· Mengklasifikasi jenis-jenis laut
berdasarkan letak , kedalaman dan wilayah kekuasaan
· Menunjukkan bentuk – bentuk morfologi
laut
· Mengidentifikasi faktor – faktor
penyebab terjadinya gelombang
· Menunjukkan pada peta dunia letak arus –
arus laut dunia
· Menjelaskan perbedaan pasang naik dan
pasang surut
· Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
perbedaan perbedaan kadar garam (salinitas ) air laut
· Mengidentifikasi faktor – faktor yang
menyebabkan perbedaan warna air laut
|
· Membaca referensi tentang
lapisan-lapisan atmosfer dan ciri – cirinya.
· Diskusi tentang lapisan atmosfer dan
manfaatnya
· Membaca referensi tentang unsur-unsur
cuaca dan iklim (penyinaran, suhu, angin, awan, kelembaban serta curah hujan)
di sekiar sekolah
· Diskusi tentang tipe - tipe iklim
· Diskusi tentang persebaran negara-negara
berdasarkan iklim matahari
· Menghitung nilai rasio Q dari data curah
hujan yang telah tersedia
· Menghitung nilai rasio Q dari data curah
hujan yang telah tersedia berdasarkan
tipe iklim Schmidt – Ferguson
· diskusitentangfaktor-faktorterjadinyapemanasan
global (El Nino dan La Nino)
·
Evaluasi
dan cadangan
· Diskusi tentang unsur-unsur utama siklus
hidrologi
· mengamati berbagai jenis perairan darat
· mengamati jenis air tanah berdasar
letaknya dari sruktur lapisan air tanah
· mengamati ciri-ciri sungai menurut
profil memanjang di DAS sekitar
· mengamati gambar jenis-jenis pola aliran
sungai.
· mengamati Daerah Aliran Sungai (DAS)
· diskusi tentang faktor penyebab kerusakan Daerah Aliran Sungai
(DAS)
· memberi contoh upaya-upaya pelestarian Daerah Aliran
Sungai
· diskusi tentang proses terjadinya Danau karst
· mengamati manfaat rawa bagi kehidupan
· mengamati perbedaan pantai dan pesisir
· diskusi tentang proses terjadinya
dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahu
· mengamati peta laut indonesia
· diskusi tentang bentuk – bentuk
morfologi laut
· diskusi tentang faktor – faktor penyebab
terjadinya gelombang
· mengamati dan menunjukkan pada peta
dunia letak arus – arus laut dunia
· diskusi tentang perbedaan pasang naik
dan pasang surut
· diskusi tentang faktor-faktor penyebab
perbedaan perbedaan kadar garam (salinitas ) air laut
· diskusi tentang faktor – faktor yang
menyebabkan perbedaan warna air laut
· evaluasi dan cadangan
|
Test tertulisuraian
Non test ceklist
Kuis
Penugasan
Test tertulis
Non test portofolio
Unjuk kerja
|
3 x 45
1x 45
2 x 45
3x45
2x 45
|
sumber:
1. K.Wardiyatmoko dan
Prof. H. R. Bintarto, Geografi SMA, Jakarta, Erlangga.
2. Yusman Hestiyanto.
Bianglala Geografi, Bogor, Yudhistira
3. Yulmadia Yulir.
Geografi 1. Jakarta. Bumi Aksara.
4. Lingkungan sekitar
Sumber:
1. K.Wardiyatmoko dan
Prof. H. R. Bintarto, Geografi SMA, Jakarta, Erlangga.
2. Yusman Hestiyanto.
Bianglala Geografi, Bogor, Yudhistira
3. Yoga Aribowo, Geografi.
Bandung. Ganeca
4. Yulmadia Yulir. Geografi
1. Jakarta. Bumi Aksara.
5. Lingkungan sekitar
|
Mengetahui
:
Kepala
Madrasah,
...........................
|
|
Semarang ,02 Januari 2017
Guru
Mapel Geografi
.....................................
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar